Categories: blog
Strategi Pengembangan Produk - Telkom University

Strategi pengembangan produk pada setiap bisnis besar maupun kecil berhubungan dengan proses produksi sampai proses penjualan sebuah produk.

 

Perusahaan menghasilkan produk dan tidak berhenti pada proses tersebut. Anda memerlukan strategi pengembangan produk. Sehingga nantinya produk Anda bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Definisi Strategi Pengembangan Produk

Pembahasan pengembangan produk merupakan bagian dari perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk baru. Sehingga Anda bisa menguraikan tujuan dan pendanaan perusahaan Anda.

 

Tujuan dari strategi ini adalah untuk menawarkan produk baru sebaik mungkin. Hal tersebut untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Baik dalam hal keuntungan, pendapatan maupun pertumbuhan penjualan.

 

Memiliki sebuah strategi akan memungkinkan untuk memperkuat penjualan produk yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, Anda bisa mengubah lini produk untuk menciptakan hubungan antara pasar dan produk. 

 

Bukan hanya pada proses produksinya saja, melainkan Anda bisa mengurangi faktor resiko pada tahap pengembangan produk awal. 

Strategi Pengembangan Produk

Untuk meluncurkan produk baru, ada beberapa strategi pengembangan produk yang harus Anda lakukan. Simak pada penjelasan berikut ini:

Meningkatkan Produk

Anda membuat produk baru dengan cara memproduksi produk yang sudah ada. Tujuannya untuk memotivasi target pasar untuk meningkatkan penawaran. Strategi ini untuk menambah fitur yang mempengaruhi sasaran.

Memperkuat Nilai Produk

Pelanggan memiliki alasan untuk membeli produk Anda. Nilai yang mereka dari produk merupakan hal mendasar. Anda bisa memperkuat nilai produk dengan menawarkan fitur premium.

Trial

Anda bisa menawarkan produk gratis atau biasa disebut sample produk. Pelanggan yang ingin memeriksa kualitas produk dengan sampel gratis yang Anda bagikan. Meyakinkan calon konsumen untuk produk versi premium dan berbayar.

Sesuaikan

Sesuaikan beberapa produk sehingga akan menjadikannya spesial untuk pelanggan baru. Bahkan, Anda bisa melangkah lebih lanjut dengan produk yang lebih personal.

Menawarkan Paket

Paket baru menjadi alternatif selanjutnya yang akan menarik perhatian pelanggan.

Gunakan dengan penawaran waktu yang memiliki batas waktu. 

 

Telkom University adalah tempat menimba ilmu paling tepat untuk strategi pengembangan produk. Memiliki visi dan misi menjadikan lulusan siap kerja menjadi salah satu keunggulan dengan membekali berbagai ilmu lain yang mendukung.

Bagikan ini: