Mata kuliah teknik komunikasi pemasaran akan membekali mahasiswa bagaimana berkomunikasi menyampaikan produk. Sehingga pesan akan tersampaikan dengan baik.
Telkom University berkomitmen menjadikan setiap lulusan siap kerja dengan program-program dana mata kuliah yang bervariasi. Terlebih mata kuliah Teknik Komunikasi Pemasaran. Anda akan dibekali ilmu dari para dosen yang mumpuni.
Profil Mata Kuliah Teknik Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran memiliki pengertian seluruh aktivitas dengan tujuan menyebarkan informasi, mempengaruhi serta mengingatkan sebuah produk. Pendapat lain menjelaskan bahwa ilmu ini mempelajari bagaimana mengkombinasikan penjualan tatap muka, periklanan sekaligus promosi penjualan.
Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana Anda bisa mengembangkan komunikasi yang efektif, antara lain:
Identifikasi terhadap target konsumen
Mempelajari target konsumen dengan melakukan identifikasi. Misalnya saja, Anda harus bisa mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pembeli potensial, pemakai terbaru atau individu.
Menentukan Objektif Komunikasi
Ketika Anda mulai menentukan target konsumen, juga harus memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.
Merancang Pesan
Mata kuliah Teknik Komunikasi Pemasaran akan mengembangkan pesan yang paling efektif. Hal ini sebagai langkah setelah melihat respon dari target. Dalam tahapan merancang pesan ini, ada beberapa hal yang harus diputuskan.
Isi Pesan
Merumuskan isi pesan tidak bisa secara sembarangan, antara lain harus rasional. Hal ini berkaitan dengan minat konsumen sehingga akan menarik perhatian. Sedangkan emosional yang positif sehingga dapat memotivasi pembeli.
Struktur Pesan
Di dalam sebuah pesan harus bisa menyampaikan kesimpulan. Tidak hanya itu, pesan harus bisa menyajikan sebuah argumen dari salah satu pihak. Serta menyajikan argumen yang kuat di awal dan di akhir.
Format Pesan
Pesan yang baik, harus memiliki headline, ilustrasi, warna serta animasi untuk bisa menarik konsumen. Format pesan yang unik dengan tata letak ilustrasi perpaduan berbagai warna akan membuatnya mudah menjadi perhatian.
Saluran Komunikasi
Secara garis besar, media komunikasi memiliki dua tipe, yaitu personal yang dilakukan dari mulut ke mulut. Sedangkan yang kedua, saluran komunikasi non personal. Anda bisa menggunakan media, misalnya majalah, surat kabar, radio, televisi dan lainnya.
Mata kuliah Teknik Komunikasi Pemasaran Telkom University akan memberikan Anda pengetahuan yang luas dan detail agar dapat memasarkan produk dengan baik.