ADD SOME TEXT THROUGH CUSTOMIZER
ADD SOME TEXT THROUGH CUSTOMIZER

Kunjungan ke Sekolah Vokasi UI

Pada 13 Februari 2020, beberapa dosen FIT melakukan kunjungan ke sekolah vokasi UI (SV UI). Kami diterima oleh  bapak Prof.Sigit Pranowo Hadiwar, bapak Antony Sihombing, PhD, bapak Muhammad Ridho, M.Si dan Erwin Harinurdin, M.Si. Berikut beberapa hasil kunjungan ini sebgai berikut.

Tata Letak

Bahwa saat ini ada 13 program studi di sekolah vokasi UI, yaitu ada 2 prodi D4. Ramping tata kelola SV UI saat ini memiliki 70 dosen tetap dan 46 tendik. SV UI juga memiliki dosen NIDK 60:40. SV UI dibantu 2 wakil direktur dan 4 manajer.

13 program studi ini dibagi menjadi 3 bidang prodi yaitu prodi Kesehatan, Sosial Humaniora, Administrasi Bisnis terpusat yang terdapat 1 sekretariat, 4 kaprodi, 46 tendik, 3000 student body, dosen profesor 180, 5 dosen laboratorium, 12 kepala laboratorium dan semua dibawah direktur kaprodi dan kepala lab sejajar. Pengelolaan sekolah vokasi ini dilakukan secara mandiri, karena tidak mendapatkan dana dari pemerintah.

Kurikulum

Saat ini sekolah vokasi akan diberlakukan kurikulum 2019. Pada kurikulum 2019 ini ada 3, 2, 1 pola yang diberlakukan, yaitu 3 semester awal perkuliahan di kampus, 2 semester berikutnya perkulihan di industri, dan 1 semester magang di industri. Pelaksanaan ini akan dilakukan secara bertahap dari kurikulum 2016.

Kurikulum 2019 akan mulai BNSP dengan melakukan uji kompetensi 2017 dan semua lulusan yang tersertifikasi, akan ada anggaran seperti baiaya masuk pendidikan dan pra toefel di 2016. Transisi pelaksanaan 321 ini murni dilaksanakan di kurikulum 2019.  Penilaian mata kuliah memiliki 6 komponen penilaian, diantaranya UTS 20% dan UAS 60% seperti penilaian praktik, dll.

Setiap doesen akan dibantu oleh 3-4 asisten di kelas. Pembelajaran di kelas 5 hari penuh untuk kuliah 3 sks dengan 110 menit praktek dan 39,5 jam setiap minggu. Lulusan tepat waktu pada SV UI berada di angka 97%, 3 tahun 54% cumlaude.

Program pembelajaran di industri untuk 2 semester, 45 belajar di industri. Pada semester 6, mahasiswa melakukan magang, dosen sebagai penanggungjawab instruktur. Tentang instruktur, adapun instruktur level yang mana dosen tetap ke 8 industri.

D4

Pola kurikulum D4 ini dirancang dari hasil survey yang dilakukan oleh para mahasiswa D3. Survey yang dilakukan menempuh waktu tunggu yang kurang lebih 1 bulan untuk D4 dengan prodi baru. SV UI juga menyelenggarakan sistem MEMES untuk D3 dan D4. Dimana untuk 41% hanya yang ingin mengikuti program D3, hasil lainnya sebagian besar ingin melanjutkan studi ke D4.

Go Green

Untuk mendukung program Go-green, SV UI tidak menyediakan botol plastik untuk dikonsumsi rapat. Konsumsi rapat hanya akan menyediakan buah-buahan.

PJJ

SV UI sedang mengembangkan platform untuk Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). SV UI  merencanakan 50% perkulihan yang dilakukan dengan pjj. Saat ini para dosen akan mengikuti pelatihan tentang pendidikan jarak jauh dii Universitas Terbuka. Minimal nantinya ada 4 sesi pertama perkuliahan harus dilakukan  menggunakan pjj.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *