Categories: blog
Riset Pemasaran - Telkom University

Fungsi riset pemasaran dan layanan konsumen adalah ujung tombak rancangan strategi pemasaran. Selanjutnya menjadi data base untuk memperbaiki pelayanan konsumen.

Riset pemasaran dan layanan konsumen memiliki peranan yang penting dalam menetapkan strategi pemasaran. Pasalnya, Dalam riset pasar terdapat kegiatan untuk mendeskripsikan masalah, mengumpulkan data, serta melaporkannya  secara sistematis. Pelaporan ini yang nantinya akan menjadi data base untuk merancang strategi pemasaran dan layanan konsumen.

Fungsi Riset Pemasaran dan Layanan Konsumen

Riset pemasaran dan layanan konsumen memiliki tiga fungsi pokok. Ketiganya adalah evaluasi understanding, dan predicting. Apakah maksud dari fungsi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Evaluasi

Fungsi yang pertama adalah evaluasi. Proses ini dilakukan untuk mengevaluasi program dan strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Manfaatnya adalah melakukan ulasan terhadap brand positioning jika dibandingkan dengan kompetitor.

Dalam prosesnya, fungsi ini akan dapat memecahkan masalah berdasarkan data dan informasi setelah diolah. Terutama jika bisnis tidak berjalan sesuai dengan strategi pemasaran yang telah dibuat.

Understanding

Fungsi understanding bertujuan untuk memahami perilaku konsumen yang bisa jadi berubah dari waktu ke waktu. Dengan melakukan riset terhadap perilaku customer, perusahaan akan dibutuhkan dan bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan dapat memecahkan masalah mereka.

Prediksi

Prediksi merupakan salah satu aktivitas riset pemasaran yang memiliki resiko paling tinggi dan sulit, karena berhubungan langsung dengan ketidakpastian. Hal ini biasanya dialami pada perusahaan yang akan memperkenalkan produk barunya. Namun, bisa terjadi pula ketika ingin mengubah segmentasi pasar. Faktor ketidakpastian akan lebih menonjol dibandingkan dengan kepastian yang sudah terdata.

Namun, dengan adanya riset pasar tersebut, perusahaan akan dapat memperoleh data dari statistik sebelumnya. Dengan demikian faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpastian dapat diminimalisir.

Manfaat Riset Pemasaran

Informasi yang diperoleh dari sebuah riset pemasaran akan diolah menjadi data untuk menentukan strategi pemasaran berikutnya. Oleh karenany, riset ini penting dilakukan karena dapat memberikan point of view yang tepat bagi pembuat keputusan.

Manfaat yang timbul dari aktivitas pemasaran adalah adanya data yang terkait dengan calon customer, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaiknya. Juga memberikan added value, terhadap produk yang sedang dikembangkan.

Fungsi riset pemasaran dan layanan konsumen merupakan ujung tombak dari suatu rancangan strategi pemasaran. Anda dapat memperoleh keahlian ini melalui pendidikan D3 Manajemen Telkom University. Kunjungilah website resmi Telkom University untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Bagikan ini: