Categories: blog
Marketing Strategy

Fungsi manajemen pemasaran adalah meningkatkan nilai jual produk dan ujung tombak perusahaan.

Tanpa pemasaran, maka roda usaha tidak akan berjalan dengan mulus

Fungsi manajemen pemasaran bagi sebuah perusahaan sangatlah pentingnya. Tanpa pemasaran, maka roda usaha tidak akan berjalan dengan mulus. Selain membantu perusahaan mendapatkan pemasukan, pemasaran juga secara tidak langsung membantu konsumen dan calon pelanggan untuk menemukan produk yang dapat menjawab kebutuhan mereka.

 

Pengertian Fungsi Manajemen Pemasaran

Definisi dari fungsi manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk mempromosikan atau memperkenal produk. Produk yang dimaksud dapat berupa barang atau layanan yang mereka punya. 

Pemasaran ini mencakup iklan dan promosi, penjualan, dan pengiriman barang dan jasa ke konsumen lain. Dalam melakukan promosi, perusahaan juga akan memfokuskan pada target market yang sesuai dengan produknya. Pemasaran pun memiliki job description untuk mendesain kemasan dan iklan yang menarik.

Fungsi Pemasaran

Adapun terdapat tiga pokok fungsi pemasaran. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengenalan Produk

Pengenalan produk menjadi fungsi yang pertama dan utama dari pemasaran. Dengan adanya kegiatan ini, maka produk dan jasa yang dipromosikan akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan dan calon customer.Untuk memenangi persaingan, Departemen Pemasaran harus lebih menonjolkan keunggulan dan benefit dari produk yang dipasarkan. Terlebih lagi, jika banyak calon customer yang dapat terpecahkan masalahnya setelah menggunakan produk dan jasa tersebut.

Riset

Riset dan analisa akan memungkinkan pemasar untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan tentang target market produk. Dari feedback yang dilakukan oleh pelanggan, yang didapatkan melalui riset pun, perusahaan bisa mendapatkan data yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk.

Beberapa hal yang dilakukan oleh riset selain target market adalah kepopuleran produk tersebut, usia, kebutuhan dan keinginan.Sehingga, pada saat akan dilakukan pengembangan produk, nilainya akan naik sesuai dengan pasar yang berkembang.

Distribusi

Kegiatan distribusi akan memastikan bahwa produk dapat dengan mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Dengan berbagai pilihan moda transportasi, maka jalur distribusi akan lebih mudah dilaksanakan.

 

Fungsi manajemen pemasaran yang sangat erat hubungannya dengan nilai jual ini, dapat Anda pelajari pada jenjang pendidikan D3 Manajemen Pemasaran. Telkom University merupakan salah satu universitas yang menyelenggarakannya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resminya.

 

Published December 15, 2021
Author: PuTI
Tags:

Bagikan ini: