Tim Robotik SAS juara 2 Kompetisi Robot Underwater tingkat ASEAN

Selamat kepada tim Robotik SAS yang berhasil meraih juara 2 pada Kompetisi robot 1st ASEAN MATE Underwater Robot Competition. Tim ini bertanding di kategori Explorer mission.

Kompetisi ini diadakan oleh The Marine Advanced Technology Education (MATE) Center bekerjasama dengan Sekolah Robot Indonesia. MATE adalah organisasi yang berada di California Amerika Serikat. Organisasi ini bergerak di bidang pendidikan kelautan. MATE telah lama mengadakan kompetisi Underwater Robot. Dan kali ini untuk pertama kalinya diadakan untuk tingkat ASEAN. Lomba ini diadakan di Surabaya.

Lomba ini dibagi 3 kategori:

  • Scout (untuk usia SD)
  • Ranger (tingkat SMP/SMA)
  • Explorer (Universitas)

Untuk kategori Explorer ada 5 tim yang bertanding yaitu dari Tel-U, ITS (2 tim), Singapore Polytechnic dan 1 tim dari Thailand. Pada lomba kali banyak sekali misi yang harus dijalankan Robot diantaranya memasang pipa, menyambung selang, membuat konstruksi bawah laut, mengambil contoh sedimen dari dasar kolam, dll. Selain itu peserta juga harus melakukan presentasi bisnis plan  dan safety check analysis. Menurut Pak Ikhsan lomba kali ini cukup sulit, dan sangat detail misinya. Bahkan menurut beliau level kesulitannya setara dengan mengerjakan thesis. Bertindak sebagai juri adalah Dr. Robin Sarah Bradbeer. Pada kategori explorer tim Robotik SAS meraih juara 2. Sementara Juara 1 diraih tim Singapore Polytechnic, dan juara 3 dari ITS.

ROV yang digunakan tim Robotik SAS pada kompetisi ini

Tim Robotik SAS yang bertanding kali ini beranggotakan:

  • Dzikri Hasbialloh,
  • M.Muchlis Kurnia,
  • Amalia Tamarizka Sihombing,
  • Icha Inggrid,
  • Luthfi Anota Sirpa,
  • Daud Al Adumy dan
  • Ryan Febriansyah.

Para mahasiswa tersebut terdiri dari 6 siswa tingkat 1 prodi Teknik Komputer dan 1 siswa tingkat 2 prodi Teknik Telekomunikasi. Tim ini berada dibawah bimbingan para Dosen Bapak M Ikhsan Sani dan Simon Siregar.

Juri Lomba ini Dr.Robin Sarah Bradbeer
tim robotik sedang menguji ROV
Tim Robotik sedang konsentrasi menyelesaikan misi Explorer
Penganugerahan Juara II untuk tim Robotik SAS Telkom University
robotikSAS-ROV1
Tim Robotik bersama dosen pembimbing Bapak M.Iksan Sani dan Bapak Simon Siregar

Tentang lomba ini dapat dilihat pada link berikut ini:

http://www.asean.marinetech2.org/

http://rovcontest.id

tentang MATE:

https://www.marinetech.org/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *