Telkom University Internet of Things Competition

Prodi D3 Teknik Telekomunikasi baru saja menyelenggarakan kegiatan Telkom University Internet of Things Competition pada tanggal 24 Oktober 2017. Telkom University IoT Competition 2017 merupakan kompetisi resmi tingkat nasional dalam perancangan Internet of Things,  yang meliputi teknologi dalam bidang kesehatan, home automation, smart city, transportasi, pertanian, bencana, logistik dan pariwisata.

Penyelenggaraan Telkom University IoT Competition 2017 pada tahun ini merupakan penyelenggaraan pertama kali di Universitas Telkom dan mengambil tema; Telkom University IoT Competition 2017– Toward The Future Communication Technology“. Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kategori kompetisi yaitu kategori tingkat Perguruan Tinggi dan tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan.

Menurut Bapak Unang Sunarya selaku ketua panitia, panitia menerima lebih dari 70 proposal Internet of Things dari tingkat Perguturan tinggi dan SMA. Kemudian dari hasil seleksi dewan juri dipilih 18 tim yang berhak lolos ke final. 18 tim ini kemudian menampilkan hasil karyanya di depan  dewan juri. Dewan juri yang dipimpin oleh Dr. Khoirul Anwar peneliti wireless dan Dosen Telkom University kemudian melakukan penilaian terhadap karya para peserta.

Hasil penilaian dewan juri adalah sebagai berikut:

Kategori SMK/SMU/MAN:

Juara 1
BRANTAS SQUAD 2017
SMK Brantas Karangkates Malang

Juara 2
2A
SMK Telkom Malang

Juara 3
AS-SHIYAM:
SMKN 1 Surabaya

 

Kategori Universitas:

Juara 1
HELIOT : Smart Wearable
Universitas Negeri Malang

Juara 2
SIAGA TEAM
Universitas Sebelas Maret

Juara 3
AAGNEYA: Smart Tambak
Universitas Padjadjaran

Ide Terbaik
HAMBAALLAH:
Universitas Teknokrat Indonesia

Desain Terbaik
TELNET
Universitas Telkom

Pada lomba ini banyak sekali inovasi yang ditampilkan oleh peserta, diantaranya ada yang membuat sistem pembayaran untuk angkot, sistem “Smart Tambak” cara cerdas beternak ikan dengan konsep Internet of Things dll.

Pada acara ini hadir juga Miss Internet Jawa Barat 2017 Jessica Agrippina Yo  Professor Adiwijaya guru besar Telkom University, dan Bapak Martin Kurnadi CEO Geeknesia.

Para pemenang Kategori SMA

liputan tentang acara ini dapat dilihat pada link berikut:

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/wkBnRlek-telkom-university-bertekad-jadi-lumbung-masyarakat-internet

https://www.sumedangonline.com/ilmu-terapan-telkom-university-bertekad-jadi-lumbung-masyarakat-internet/19681/

http://www.unpad.ac.id/2017/10/tiga-mahasiswa-teknik-elektro-unpad-raih-juara-di-telkom-university-iot-competition-2017/

http://telkomuniversity.ac.id/id/news/ilmu-terapan-telkom-university-bertekad-jadi-lumbung-masyarakat-internet

Video salah satu karya peserta lomba IoT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *