Tausyiah Ramadhan

Pada tanggal 6 Juni 2018 telah diadakan acara Buka Bersama dan Tausyiah Ramadhan di Fakultas Ilmu Terapan. Acara ini dihadiri oleh para dosen dan staff di Fakultas Ilmu Terapan. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ibu Rochmawati dan Ibu Suryatiningsih. Kemudian acara dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Dekan Fakultas Ilmu Terapan Bapak Dr. Teguh Widodo. Selanjutnya ada Tausyiah Ramadhan oleh ustadz Dedi Hariadi Lc.Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Terapan Dr.Teguh Widodo

Beliau bercerita tentang 3 Berkah bulan Ramadhan, sebuah buku karya Kholid Abu Syadi. 3 keberkahan Ramadhan adalah:

1. Dibukanya pintu2 surga

2. Ditutupnya pintu neraka

3. Dilipatgandakannya ganjaran kebaikan

Beliau bercerita kita harus mencontoh sikap para ulama pada bulan Ramadhan. Imam Syafii menghatamkan Quran 60 kali dalam bulan Ramadhan.Sementara itu Sofyan Adjuhri mengkhatamkan AlQuran  setiap 3 hari, namun dalam 10 malam terakhir Ramadhan beliau mengkhatamkan Quran setiap hari. Jangan sampai kita tertipu dengan hadis palsu yang menyatakan bahwa tidurnya orang puasa itu mendapat pahala. Sebaiknya kita mencontoh Rasul yang melakukan Itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. Rasul melakukan Itikaf untuk mengamankan bagian terindah dari Ramadhan yaitu Lailatul Qadr.

Kemudian beliau menyampaikan 3 kata-kata indah tentang ramadhan:

1. Rasullah pernah mengatakan bahwa Ramadan adalah kado terindah dari Allah SWT (HR.Imam Bukhari)

2.Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali shaum, sebab shaum hanyalah untukku dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung ”. (HR Bukhari)

3.”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Beliau juga menyampaikan ada fenomena jaman now dimana ada kebiasaan orang untuk selalu memposting kegiatan ibadahnya. Misalnya ada kebiasaan jemaah umroh untuk selfi di depan Kabah. Padahal ibadah hubungan yg intim antara kita dengan Allah SWT. Menurut Ibnu Qoyyim, Ibadah harus dilakukan dengan Ikhlas hanya karena Allah SWT.

tausyiah oleh Ustadz Dedi Hariadi Lc
tausyiah oleh Ustadz Dedi Hariadi Lc

Kemudian beliau menyampaikan setiap ibadah telah diterangkan ganjaran kebaikannya. Misalnya membaca Quran 1 huruf akan dibalas dengan 10 kebaikan. Bisa kita hitung bila kita mengkhatamkan Al-Quran dimana ada 30 Juz, 114 Surat, 302 Lembar, 604 halaman, 50 ribu ayat dan 1 juta 20 huruf. Sementara itu Zakat dan sedekah juga balasannya berlipat hingga 700 kali lipat. Berbeda dengan shaum, dimana pahalanya ditentukan oleh Allah SWT. Sehingga bisa saja pahala shaum itu tanpa batas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Pada bagian ini Bapak Rahmadi bertanya tentang seperti apa puasa yang dilakukan pada ummat terdahulu. Kemudian acara diakhiri dengan pembacaan doa serta pembagian ta’jil.

Pembacaan Ayat suci Al-Quran
Pembacaan Ayat suci Al-Quran

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *