Sosialisasi Kurikulum Baru 2016

Hari Senin tanggal 2 Mei 2016 telah dilaksanakan Sosialisasi Kurikulum Baru 2016 kepada mahasiswa di Aula Fakultas Ilmu Terapan Gedung Selaru Lt.4. Sosialisasi ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pagi ditujukan untuk mahasiswa angkatan 2013 dan sebelumnya. Kemudian sesi siang ditujukan untuk mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Acara ini dihadiri sekitar 2000 mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan. Acara ini ditujukan untuk memberi gambaran bagi mahasiswa tentang kurikulum baru, dan persiapan untuk proses transisi dari kurikulum lama ke kurikulum baru.

Sosialisasi kurikulum ini disampaikan oleh Bapak Tri Brotoharsono selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Terapan. Beliau menceritakan tentang acuan dasar perubahan kurikulum, perbedaan kurikulum lama dengan kurikulum 2016, skema ekivalensi kurikulum baru dll.

Menurut Pak Tri, sebuah perguruan Tinggi harus secara berkala memperbaharui kurikulum yang digunakan. Perubahan kurikulum dilakukan untuk merespon perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat, dll. Bagi kampus Tel-U yang merupakan gabungan dari 4 institusi pendidikan (IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom), kurikulum 2016 merupakan kurikulum pertama. Penyusunan kurikulum 2016 ini telah memperhatikan standar akreditasi nasional maupun internasional seperti ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology), ACM (Association for Computing Machinery) dll). Kemudian kurikulum 2016 juga telah disesuaikan dengan standar profesi yang dikeluarkan beberapa asosiasi seperti APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia), BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri), APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) dan HILDIKTIPARI (Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia), dll

Perbedaan kurikulum lama dengan kurikulum baru adalah kurikulum lama merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sedangkan kurikulum baru merupakan Outcome-Based Curriculum. Pada Kurikulum Baru, KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) digunakan sebagai Tolak Ukur Capaian Pembelajaran. Kurikulum Baru memiliki 3 kerangka dasar, yaitu ada Mata kuliah Universitas, Mata kuliah Fakultas dan mata kuliah program studi. Dengan perbandingan Mata Kuliah Universitas sebanyak 10%, Mata kuliah Fakultas 10-29% dan mata kuliah program studi 61-80%.

Sementara itu pada proses transisi ke kurikulum 2016 ada beberapa prinsip yang digunakan, yaitu:

  • Prinsip Tidak merugikan mahasiswa.
  • Ekivalensi diusahakan sederhana.
  • Diupayakan arah maju (tidak mundur ke semester/tingkat yang sudah lulus).
  • Jika diperlukan, Program Studi akan menyelenggarakan MK Semester Genap pada Semester 2016-1

Adapun jadwal Implementasi Kurikulum 2016 pada Semester 2016-1 adalah sebagai berikut:

Sosialisasi Dosen/Wali         : April 2016
Perwalian & Registrasi MaBa     : Juli 2016
Sosialisasi Mahasiswa Lama     : April/ awal Mei 2016
Perwalian & Registrasi MaLa   : 1 – 16 Agustus 2016
Awal Kuliah              : 22 Agustus 2016
Perubahan Rencana Studi     : 2 September 2016

Materi lengkap presentasi dapat dilihat pada slide berikut ini:

tentang ABET:

http://www.abet.org/

tentang ACM

http://www.acm.org/

tentang APTIKOM

http://www.aptikom.or.id/

tentang APPMI

http://appmi.or.id/

tentang aspikom

aspikom.org

tentang Hildiktipari

http://www.hildiktipari.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *