Sejarah

Sejarah School of Applied Science Telkom University

Fakultas Ilmu Terapan (dh. Politeknik Telkom) dan sejalan dengan perkembangannya  serta sesuai dengan  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 309/E/0/2013 tanggal 14 Agustus 2013 tentang izin Peleburan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Mandiri Indonesia ke Universitas Telkom, jo. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 270/E/0/2013 tanggal 17 Juli 2013, Tentang Penggabungan Politeknik Telkom, Institut Teknologi Telkom dan Institut Manajemen Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom menjadi Universitas Telkom

Maka sejak saat itu Fakultas Ilmu Terapan merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Telkom. Saat ini di Fakultas Ilmu Terapan  terdapat tujuh program studi dengan jenjang pendidikan diploma tiga (D3) diantaranya :

  1. Program Studi Komputerisasi Akuntansi (Akreditasi A)
  2. Program Studi Manajemen Informatika (Akreditasi A)
  3. Program Studi Teknik Komputer (Akreditasi A)
  4. Program Studi Manajemen Pemasaran (Akreditasi B)
  5. Program Studi Teknik Informatika (Akreditasi A)
  6. Program Studi Teknik Telekomunikasi (Akreditasi A)
  7. Program Studi Perhotelan                 (Proses Akreditasi)
  8. Program Studi D4 Sistem Multimedia (Proses Akreditasi)

Ketujuh program studi tersebut didirikan selaras dengan pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan akan tenaga terampil dan profesional di bidang teknologi informasi dan pariwisata.

Dalam penyelenggaraan operasionalnya, Fakultas Ilmu Terapan ditunjang oleh tenaga dosen tetap  dari berbagai bidang keilmuan, tenaga penunjang akademik serta didukung dengan prasarana dan sarana akademik yang sangat memadai. Fasilitas perkuliahan yang digunakan merupakan hasil pengembangan teknologi yang dilakukan oleh tim dari internal yang terdiri dari hasil karya dosen dan mahasiswa yang ikut terlibat.

Fakultas Ilmu Terapan juga menjalin kerjasama yang cukup erat dengan dunia industri terbukti dengan pembaharuan konsep kegiatan Kerja Industri, yakni mahasiswa yang mengikuti program Kerja Industri akan mendapatkan renumerasi dan hak-hak lainnya sama seperti pegawai. Hingga tahun 2013 telah lebih dari 500 mahasiswa diserap oleh industri dalam program Kerja Industri dengan melibatkan lebih dari 20 perusahaan di bidang Industri Telekomunikasi, Perbankan, Sistem Informasi, Media, Consumer Goods, dan salah satu perwakilan lembaga dunia International Labour Organization.

Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 perlu dilakukan beberapa perencanaan strategis oleh Fakultas Ilmu Terapan dengan tidak mengabaikan kondisi internal dan eksternal fakultas. Oleh sebab itu analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan menjadi dasar dari rencana strategis pengembangan Fakultas Ilmu Terapan secara keseluruhan.

Serta untuk mendukung kegiatan riset dosen dan mahasiswa didukung dengan beberapa kelompok keahlian dosen diantaranya :

  1. Installation Operation & Maintenance of Tellecommunication
  2. Interactive System
  3. IT Governance
  4. Information Systems in Accounting & Enterprises
  5. Programming & Interactive Multimedia
  6. Commerce Management
  7. Embedded and Network System

Lokasi kami: