Munggahan Telkom University

Hari Selasa tanggal 31 Mei 2016 diadakan acara Munggahan Telkom University. Munggahan merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Jawa Barat menjelang Ramadhan. Bapak Rektor Telkom University Prof. Mochammad Ashari dalam sambutannya menyampaikan tradisi munggahan, maupun ruwahan dan megengan di Jawa Timur adalah tradisi yang baik. Munggahan itu artinya naik. Jadi tujuan dari acara ini adalah agar derajat kualitas iman kita naik. Beliau berpesan kepada hadirin agar  acara ini digunakan sebagai ajang evaluasi capaian pribadi serta untuk mempererat tali Silaturahim civitas akademika Telkom University.

Pada acara ini disampaikan juga Tausyiah oleh Ustadz K.H. Dr Komaruddin Saleh MPd. Pada sesi pertama Ustadz Komaruddin bercerita bahwa makna Ramadhan secara bahasa adalah panas yang membakar. Jadi diharapkan pada bulan Ramadhan ini kita manfaatkan untuk membakar seluruh dosa kita. Menurut beliau Ramadhan harus kita isi dengan kerja keras bukannya malah lemes. Beliau juga menyampaikan hadits “Man shoma romadhona imanan wahtisaban gufiro lahu maa taqoddama min dhambihi”  yang artinya: Barang siapa berpuasa di bulan Ramodhan dengan penuh iman dan penuh perhitungan niscaya diampuni dosa2-nya yang telah lalu.

Pada sesi kedua beliau bercerita bahwa Rasulullah selalu menyambut datangnya Ramadhan dengan senang hati. Ada 3 alasan kenapa Rasulullah senang akan datangnya Ramadhan yaitu:

1. Pada bulan Ramadhan, seluruh dosa orang yang shaum dengan sungguh-sungguh akan diampuni.
2. Pada bulan akan ditambahkan rezeki bagi org beriman.
3. Adanya Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
Pada sesi berikutnya beliau bercerita tentang amalan apa saja yang dilakukan Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan. Menurut Yusuf Qardhawi ada 7 amalan khas Rasulullah pada bulan Ramadhan:
1. Berjamaah pada setiap sholat wajib
2. Sederhana dalam berbuka
3. Tahsinul Quran. Meningkatkan pemahaman Quran.
4. Qiyamur Ramadhan. Sholat Taraweh
5. Perbanyak shodaqoh
6. Perbanyak Doa
7. Perbanyak Itikaf
Kemudian pada sesi terakhir Ustadz menyampaikan ada 7 hal yang dibentuk oleh shaum:
1. Semakin meningkatkan keyakinan kepada Allah SWT
2. Menjadikan ibadah sebagai sesuatu yang menyenangkan seperti hobi.
3. Mencapai akhlak yang mulia.
4. Menjadi orang yang sabar.
5. Mendidik kita untuk disiplin
6. Mengajarkan kita untuk berbagi kasih.
7. RajinSholat malam
7 hal diatas akan membentuk kita menjadi orang yang bertakwa. Selanjutnya acara munggahan ditutup dengan saling bersalam-salaman dan makan siang bersama.
Semoga Bermanfaat!
Sambutan Rektor
Rektor
Sambutan Rektor pada acara Munggahan
ustadzKomaruddin
Ceramah oleh KH DR. Komaruddin Saleh Mpd

dikutip dari:

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/munggahan-telkom-university/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *