Mahasiswa FIT memperoleh penghargaan dari Menteri Perdagangan

Sendy Prayogo, mahasiswa D3 Informatika Fakultas Ilmu Terapan Telkom University (FIT Tel-U) berhasil meraih juara 1 pada lomba pembuatan video Masyarakat Ekonomi Asean Video Competition (MEAVIC) 2015. Lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi Asia. Lomba berlangsung sejak September – November 2015. Namun pemberian hadiah baru dilaksanakan di Ruang Kerja Menteri Perdagangan RI, Jakarta, Rabu (13/4).

Kompetisi yang diikuti oleh anak-anak SMA/SMK sederajat, mahasiswa serta komunitas itu menghasilkan 41 video yang kemudian diseleksi menjadi 15 video. Sendy sendiri membuat videonya secara animasi sehingga mudah dimengerti dan punya pesan yang kuat untuk penikmatnya. Hasilnya, video Sendy memikat para juri yang terdiri dari Joko Anwar (Pemegang Piala Citra sebagai sutradara terbaik versi FFI (Festival Film Indonesia) 2015)  dan juri MEAVIC lainnya yang berasal dari Direktorat Kerja Sama Asean Kemendag, praktisi film, serta wartawan budaya dan film.

“Saya harap orang yang melihat video ini bisa mengetahui apa itu Masyarakat Ekonomi ASEAN dan bisa berpartisipasi sehingga masyarakat Indonesia bisa sukses memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN ini,” kata Sendy, Kamis (14/4).

Sementara itu, ketua tim juri Joko Anwar menegaskan pemenang MEAVIC 2015 mampu menunjukkan kemampuan sinematografi yang baik. “Hasil akhirnya dapat ditonton dan dipahami semua orang. Videonya menarik dan bisa menjadi bahan sosialisasi Kementerian Perdagangan untuk menjelaskan tentang MEA,” kata Joko.

Video ini dikerjakan Sendy bersama 3 temannya mahasiswa D3 Teknik Informatika di bawah bimbingan Dosen Bapak Fat’hah Noor. Video ini membawa Sendy dan teman-teman meraih hadiah dan penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Thomas Lembong. Juara kedua diraih Enjen Fitrohuddin, siswa SMK 3 Kuningan Jawa Barat dan juara ketiga dan juara ketiga diraih Aditya Agung Firmansyah dari Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Selamat untuk Sendy!

Video Sendy dapat dilihat pada link berikut:

beberapa foto dari acara penyerahan hadiah:

memperindag2

 

memperindag

Berita tentang kompetisi ini dapat dilihat pada link berikut:
http://www.kemendag.go.id/id/news/2015/12/17/kemendag-beri-penghargaan-meavic-2015

http://www.beritasatu.com/hiburan/333976-siswa-smk-ini-mampu-curi-hati-sutradara-joko-anwar-dalam-meavic-2015.html

http://industri.bisnis.com/read/20151227/105/505080/mengeksplorasi-gagasan-bakat-filmmaker-muda

http://telkomuniversity.ac.id/id/news/sabet-juara-1-meavic-2015-mahasiswa-tel-u-raih-penghargaan-dari-kemendag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *