Mahasiswa FIT berpartisipasi pada acara Indonesia Science Day

Mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan berpartisipasi pada acara Indonesia Science Days di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) Taman Mini Indonesia Indah pada 20 – 22 April 2018. PPIPTEK sendiri merupakan wahana yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya siswa untuk bisa belajar dengan baik dan mudah. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Riset Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Nasir pada sambutannya.

“Sebagai perguruan tinggi yang fokus pada pengembangan dunia teknologi dan informasi, Telkom University turut andil dengan memamerkan beberapa hasil karya mahasiswa sebagai bentuk kontribusi di bidang ilmu pengetahuan.

Fakultas Ilmu Terapan menampilkan 2 karya terbaik siswanya pada acara ini. Yang pertama adalah Smart Trolley. Bapak Toufan Tambunan selaku bagian kemahasiswaan FIT, Trolley ini bisa menghitung harga barang yg dimasukan ke troley. Sehingga sebelum sampe kasir, konsumen bisa  mengetahui estimasi belanja dan melakukan komparasi harga. Karya ini merupakan hasil inovasi mahasiswa Prodi D3 Teknik Telekomunikasi.

Selain itu mahasiswa D3 Teknik Informatika menampilkan aplikasi Nusantara Map. Menurut Bapak Fat’hah Noor Prawita selaku dosen pembimbing, aplikasi ini merupakan aplikasi android yang menampilkan peta interaktif kebudayaan Indonesia dengan teknologi Augmented Reality.

tampilan smart trolley yang dapat menghitung harga belanjaan yang dimasukan ke trolley

Booth Telkom University pada hari pertama setidaknya dikunjungi oleh ratusan siswa dan mahasiswa yang berkunjung ke PPIPTEK. Termasuk kunjungan Menteri Ristekdikti, yang sempat menjajal aplikasi Glucoby dan HBey.

Glucoby dan HBey merupakan sebuah aplikasi yang membantu penggunanya untuk mengecek kadar gula darah dan anemia hanya menggunakan smartphone.

“Semoga PPIPTEK kedepannya mampu mencerdaskan anak bangsa, mendorong anak mencintai ilmu-ilmu pengetahuan dengan cara berbeda dan menjadi sarang ilmu pengetahuan” tutup Nasir.

Video tentang acara ini:

berita lainnya

https://telkomuniversity.ac.id/menteri-ristekdikti-ri-jajal-kemampuan-aplikasi-mahasiwa-telkom-university-di-indonesia-science-day-2018/

https://news.okezone.com/read/2018/04/21/65/1889747/menteri-ristekdikti-ri-jajal-kemampuan-aplikasi-mahasiwa-telkom-university-di-indonesia-science-day-2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *