Mahasiswa D3 Teknik Informatika juara Favorit di HackFest

Mahasiswa dari Prodi D3 Teknik Informatika berhasil menjadi juara favorit pada lomba HackFest (Hackathon I-Fest) 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta 12-13 Mei 2017. Hackfest adalah singkatan dari Hackathon I-Fest, sebuah kompetisi nasional dengan mengambil format Hackathon. Hackathon sendiri adalah sebuah kompetisi dimana peserta diharapkan memecahkan suatu masalah yang ada di kehidupan sehari – hari melalui inovasi baru di bidang IT. Pengembangan inovasi ini harus dibuat non-stop dalam jangka waktu 24 jam. Acara ini didukung GameLoft, Tokopedia, MSI, dll.

Tim Lidah Kurrow yang mewakili Telkom University berhasil meraih Juara Favorit. Tim ini beranggotakan 4 mahasiswa Prodi D3 Teknik Informatika (Fakultas Ilmu Terapan) & 1 mahasiswa Prodi S1 Teknik Telekomunikasi (Fakultas Teknik Elektro), Telkom University, yaitu

  • Muhammad Firdaus H. (6706144008)
  • Setya Kristyastama (6706144040)
  • Moh. Ilham Kholifahtur C. (6706144141)
  • Rendy Andrian S. (6706140085)
  • Alimuddin Manda (1101140345)

Penyelenggaraan kompetisi ini dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu:

  • Proposal Review,
  • Top 20 Hackathon,
  • Top 5 Pitching.

Pada tahapan pertama peserta diminta mengirimkan proposal untuk kemudian diuji oleh para juri. 20 tim yang lolos ke tahap Hackathon, setelah sebelumnya melalui seleksi proposal, diantaranya berasal dari: Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, PENS, Universitas Ciputra, Universitas Atma Jaya, Universitas Maranatha, Telkom University, Universitas Sriwijaya, dll.

Bapak Fat’hah Noor Prawita M.T selaku dosen pembina menjelaskan, pada lomba ini Tim Lidah Kurow mengembangkan sistem Smart hydroponik. Sistem Hydroponik ini dilengkapi dengan sensor kelembapan, suhu dan pH (derajat keasaman). Dengan cara ini maka sistem smart hydroponik ini dapat mengatur nutrisi serta sirkulasi air pada tanaman secara otomatis, dengan memperhatikan faktor kelembapan, suhu dan pH dari tanaman. Sistem smart Hydroponik ini juga terhubung ke Cloud, sehingga petani dapat memantau kondisi tanamannya langsung dari smartphone Android. Sistem ini dikembangkan menggunakan NodeMCU (sebuah platform IoT open source).

Selamat untuk tim lidah Kurrow dan Prodi D3 Teknik Informatika!

Tim Lidah Kurrow dari D3 Teknik Informatika
Penyerahan Hadiah Juara Favorit

Juara Favorit

  • Nama kelompok: Lidah Kurow
  • Nama Aplikasi: Shimbis – Hidro
  • Deskripsi Aplikasi
    Aplikasi berbasis android dan web yang akan membantu para masyarakat agraris. Aplikasi ini bisa membantu para petani untuk memantau perkembangan dari tumbuhan yang mereka miliki. Hal yang mampu dipantau oleh aplikasi ini antara lain intensitas cahaya, suhu, kelembapan, dan ph. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan solusi untuk bisa menjalankan bisnis hidroponik yang baik sesuai dengan prosedur guna mendapatkan hasil tanaman yang berkualitas tinggi.

 

Tentang lomba ini dapat dilihat pada halaman berikut:

http://ifest-uajy.com/hackfest/

http://dif.telkomuniversity.ac.id/2017/05/23/juara-favorit-di-hackfest-2017/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *