Mahasiswa D3 Manajemen Informatika meraih juara di Malaysia

Firza Maulana Nasution mahasiswa D3 Manajemen Informatika berhasil menjadi juara pada ajang International Engineering Invention Innovation Exhebition i-ENVEX 2018 di Malaysia.  i-Envex 2018 merupakan sebuah kompetisi yang fokus pada penemuan dan inovasi baru yang diadakn di Perlis Malaysia pada 13-15 April lalu. Kompetisi tingkat internasional ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dari penjuru dunia untuk beradu kreatif dalam penemuan baru.

Telkom University mengirimkan dua orang mahasiswa untuk berlaga di ajang ini, mereka adalah Firza Maulana Nasution (Fakultas Ilmu Terapan 2017)  dan Rivaldo Ludovicus Sembiring (Fakultas Informatika 2017).

Firza dan Rivaldo berhasil meraih medali emas dengan sebuah inovasi unik yaitu mengubah sampah menjadi bahan bakar.

“Kami bisa meraih juara karena inovasi yang kami ciptakan ini memiliki kreatifitas dan novelty tersendiri. Kami mencoba memecahkan persamalahan lokal yang bersifat global, yaitu sampah dan bahan bakar. Jadi kami fokus membuat bahan bakar yang bersumber dari sampah.” Firza menambahkan, dirinya dan rekan berusaha mendaur ulang sampah filter rokok yang nanti diubah menjadi bahan bakar siap pakai.

“Sampahnya berupa filter rokok, melalui beberapa tahapan proses seperti fermentasi bisa dijadikan bahan bakar karena menghasilkan bioetanol.” Jelasnya.

Inovasi seperti yang dilakukan Firza dan Rivaldo sudah seharusnya mengispirasi mahasiswa lain untuk lebih giat berkompetisi dan berprestasi.

disadur dari:

https://telkomuniversity.ac.id/mahasiswa-telkom-university-daur-ulang-filter-rokok-jadi-bahan-bakar/

tentang i-Envex:

http://envex.unimap.edu.my/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *