Kunjungan Presiden FAST

Hari Kamis tanggal 12 Mei 2016, Dekan Fakultas Ilmu Terapan menerima kunjungan dari Presiden FAST (Forum Alumni Telkom University). Ini merupakan kunjungan pertama dari Presiden FAST Ahmad Nugraha Rahmat yang baru saja terpilih menjadi Presiden FAST periode 2016-2020. Ahmad baru saja dilantik menjadi Presiden FAST pada tanggal 25 April 2016. Pada proses pemilu FAST tanggal 9 April 2016 Ahmad berhasil mengungguli Jimmy Agueno.

Pada kunjungan ini Presiden FAST bercerita tentang sejumlah tantangan yang dihadapi FAST. Dengan jumlah alumni lebih dari 20 ribu, yang tersebar di berbagai negara, prioritas utama adalah membuat sebuah database alumni. Database ini nantinya dapat diakses dengan menggunakan aplikasi mobile. FAST juga saat ini aktif membentuk chapter-chapter regional, chapter perusahaan maupun berbagai komunitas alumni. Yang telah ada misalnya FAST regional Jawa Barat, FAST chapter ZTE, FAST regional Aceh, FAST Overseas, FAST komunitas startup dll. Selain itu President FAST juga telah melakukan pertemuan dengan Dubes Norwegia untuk penjajakan kerjasama. Agenda terdekat FAST akan mengadakan Musyawarah kerja Nasional untuk menyusun agenda kerja pengurus pada tanggal 21 Mei 2016 di Gd. Tokong Nanas Telkom University.

Presiden FAST juga menyampaikan komitmen untuk membantu pelaksanaan Magang di Fakultas Ilmu Terapan. Selain itu Pak Ahmad juga sharing tentang sistem Smart Transportation. Beliau juga merupakan Sales Manager dari perusahaan Q-Free. Perusahaan smart Transportation dari Norwegia. Saat ini Q-Free sedang berupaya merintis beberapa penerapan IT pada Transportasi di Indonesia. Diantaranya ERP (Electronic Road Pricing). Sistem ini merupakan salah satu alternatif utama untuk mengurai kemacetan, terutama di jalan protokol Jakarta. Penerapan ERP dimaksudkan mengubah perilaku berkendara warga, dari penggunaan kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik. Selain itu ada juga teknologi Electronic Registration & Identification (ERI) dan juga Electronic Law Enforcement (ELE). Informasi-informasi mengenai kendaraan seperti hal-nya data pemilik, STNK, atau KIR nantinya akan diubah ke bentuk elektronik. Kemudian ada juga beberapa model-model aplikasi Smart Transportation seperti hal-nya Smart Parking, Ride Sharing, Journey Time Monitoring, Infomobility, Speed & Weight Detection, dan lain-lain,

Cikal bakal Forum Alumni STT Telkom. telah ada sejak tahun 1997. Namun FAST baru secara resmi berdiri tahun 2007. Dengan Presiden Pertama adalah Triwiyasa. Kemudian diikuti dengan Presiden kedua Henry Christiadi. Dengan bergabungnya IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom menjadi Universitas Telkom, FAST juga melakukan transformasi. Bersama-sama dengan IAS (Ikatan Alumni STISI), IKA IMT (Ikatan Alumni IM Telkom) dan IA Politel (Ikatan Alumni Politeknik Telkom), FAST berupaya untuk membentuk sebuah perkumpulan Alumni Universitas Telkom. Pada tanggal 2 Oktober 2014 kemudian para pimpinan organisasi alumni tersebut sepakat untuk bertranformasi menjadi satu organisasi alumni Universitas Telkom.

kunjungan presiden FAST Ahmad Nugraha
kunjungan presiden FAST Ahmad Nugraha

Tulisan Pak Ahmad tentang Smart Transportation:

http://inet.detik.com/read/2016/04/08/141516/3183119/398/menyambut-era-sistem-transportasi-cerdas-di-indonesia

Halaman resmi Presiden FAST:

https://www.facebook.com/ahmad4fast/

Halaman resmi FAST

http://fast.web.id/

tulisan tentang FAST:

http://telko.id/4082/fast-forum-alumni-telkom-university/

beberapa link tentang smart transportation:

http://q-city.q-free.com/

https://www.q-free.com/

http://www.tdcsystems.co.uk/

http://www.tcsintl.com/

http://www.openroadsconsulting.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *