Kunjungan ke Universiti Kebangsaan Malaysia

Dekan Fakultas Ilmu Terapan Tel-U Bapak Dr.Teguh Widodo beserta Bapak Radial Anwar PhD melakukan kunjungan ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 5 April 2017. Di UKM, delegasi Tel-U diterima oleh Professor Dr. Norbahiah Misran, Ketua jurusan (Pengarah Jabatan) Jabatan Kejuruteraan Elektrik, Elektronik & Sistem (JKEES), dan Professor Dr. Mohammad Tariqul Islam, salah seorang dosen dan peneliti di Laboratorium Wireless Communication JKESS. Salah satu agenda utama kunjungan ke UKM adalah untuk penandatanganan Letter of Intention (LoI) antara FIT (Fakultas Ilmu Terapan) Tel-U dengan JKEES UKM. Selain itu, juga dilakukan diskusi mengenai bentuk-bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan antara Tel-U dan UKM. Delegasi Tel-U juga berkeliling melihat fasilitas yang terdapat di Wireless Communication Laboratory UKM. Berikut adalah hasil diskusi delegasi TEl-U di UKM.

  1. Pihak UKM sangat terbuka untuk melakukan kolaborasi penelitian, terutama dalam bidang wireless communication, antenna development, space science instrumentation, serta biomedical instrumentation.

  2. Pihak UKM sangat terbuka terkait pemanfaatan fasilitas penelitian yang mereka miliki, misalnya Anechoic Chamber. Dosen dan mahasiswa Tel-U dapat memanfaatkan Anechoic Chamber di UKM untuk melakukan pengujian antena.

  3. Pihak UKM membuka peluang untuk program Co-Supervising, dimana staf Tel-U dapat menjadi co-supervisor untuk mahasiswa UKM, dan sebaliknya.

  4. Pihak UKM membuka peluang untuk program academic staff exchange, dimana dosen Tel-U mengajar di UKM untuk topik-topik tertentu, dan sebaliknya.

  5. UKM terbuka untuk Dual Degree Program, teknisnya akan didiskusikan kemudian.

  6. Untuk program melanjutkan perkuliahan dari taraf D3 di Tel-U ke S1 di UKM, mahasiswa tetap diwajibkan menyelesaikan perkuliahan di UKM selama 4 tahun, dengan hanya beberapa mata kuliah yang diekuivalensi. 

  7. Untuk membuat MoU, pihak UKM menghendaki adanya aktivitas kolaborasi terlebih dahulu, untuk memudahkan proses pengusulan MoU ke rektor (VC) UKM. Salah satu kegiatan yang mungkin dilakukan dalam waktu dekat adalah penelitian bersama dalam pengembangan instrumentasi untuk Solar Monitoring System.

Dekan Fakultas Ilmu Terapan mengunjungi lab wireless di Universiti Kebangsaan Malaysia
Dekan Fakultas Ilmu Terapan mengunjungi lab wireless di Universiti Kebangsaan Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *