Kunjungan ke Nilai University Malaysia

Tanggal 4 April 2017 Dekan Fakultas Ilmu Terapan Tel-U Bapak Dr.Teguh Widodo beserta Bapak Radial Anwar PhD melakukan kunjungan ke Nilai University Malaysia. Nilai University adalah salah satu private university terbesar di Malaysia. Nilai University dimulai dari tahun dengan nama Nilai College. Tahun 2007 kemudian Nilai College bertransformasi menjadi University colllege. Tahun 2012 kembali bertransformasi menjadi Universitas.

Nilai University mendapat penilai Excellent (Setara 5) dari Malaysian Qualifications Agency. Nilai University memiliki 5 Fakultas dan 11 Departemen. Delegasi dari Telkom University (Tel-U) disambut langsung oleh rektor (Vice Chancellor / VC) Universiti Nilai, Professor Dato’ Dr. Sothi Rachagan. Setelah berdiskusi dengan beliau, diskusi dilanjutkan dengan Dekan Fakultas Perhotelan, Datin Maimunah Sulaiman. Selain melakukan diskusi, delegasi Tel-U juga berkeliling melihat fasilitas yang terdapat di Fakultas Perhotelan University Nilai. Berikut adalah hasil diskusi di Universiti Nilai:

Professor Dato’ Dr. Sothi Rachagan (Vice Chancellor / Rektor)

  1. Nilai University sangat terbuka untuk membuat MoU dengan Tel-U, dengan harapan bahwa akan ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan secara berterusan.

  2. Membuka peluang untuk berkolaborasi di program studi perhotelan, informatika dll.

  3. Dibicarakan tentang kemungkinan program studi lanjutan, D3 di Tel-U lalu disambung 2 tahun di Universiti Nilai untuk mendapatkan (S1) Bachelor.

  4. Program International Student Mobility (pertukaran mahasiswa), yaitu mahasiswa Tel-U mengambil kuliah 1 semester di Universiti Nilai (atau sebaliknya). Mata kuliah yang diambil diakui sebagai kredit perkuliahan yang telah diselesaikan dan diberikan transkrip nilai. Program ini diharapkan dapat mengakomodasi mahasiswa yang kurang mampu untuk kuliah di luar negeri, agar dapat memperoleh pengalaman (exposure) dalam berinteraksi dengan mahasiswa yang berasal dari negara-negara lain dengan kultur yang berbeda-beda. Selain itu, program ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

  5. VC Universiti Nilai mengharapkan, sebelum membuat MoU, sebaiknya sudah ada aktivitas-aktivitas yang menunjukkan terjadinya kolaborasi antara Tel-U dengan University Nilai. Hal ini dapat mencegah/mengurangi kemungkinan terjadinya MoU pasif, dimana penandatanganan MoU telah dilakukan namun tidak ada kegiatan yang direalisasikan.

  6. Untuk pertukaran staf akademik, Rektor University Nilai merasa agak susah untuk diimplementasikan. Kecenderungan yang terjadi, dosen-dosen di University Nilai keberatan melakukan staff exchange dengan alasan keluarga.

    Dekan Perhotelan Nilai University
    Delegasi Tel-U diterima Dekan Perhotelan Nilai University Datin Maimunah Sulaiman

Datin Maimunah Sulaiman (Dekan Fakultas Perhotelan)

  1. Tidak memungkinkan untuk melakukan program 2 + 2 (2 tahun di Tel-U dan 2 tahun di Universiti Nilai) atau 3 + 1 karena persyaratan dari MQA Malaysia.

  2. Memungkinkan untuk mahasiswa menyelesaikan D3 di Tel-U lalu menambah 2 tahun di Universiti Nilai untuk memperoleh S1.

  3. Memungkinkan untuk mahasiswa menyelesaikan perkuliahan selama 2 tahun di Tel-U, menambah 1 tahun di Universiti Nilai, lalu memperoleh ijazah D3 dari Tel-U dan Universiti Nilai (Dual Awards Program).

  4. Sangat terbuka untuk Program International Student Mobility (pertukaran mahasiswa).

  5. Perkuliahan di Tel-U harus disampaikan dalam bahasa Inggris. Mahasiswa yang mengambil kuliah di Universiti Nilai harus fasih berbahasa Inggris, karena seluruh kuliah di Universiti Nilai disampaikan dalam bahasa Inggris.

  6. Untuk detail bentuk kolaborasi yang berhubungan dengan kurikulum, Dekan Fakultas Perhotelan University Nilai merasa akan lebih baik jika bisa mendapatkan silabus perkuliahan Prodi Perhotelan Tel-U dan berdiskusi dengan Ka. Prodi Perhotelan Tel-U.

Kunjungan ke Lab perhotelan di Nilai University
Kunjungan ke Lab perhotelan di Nilai University

Sekretariat FIT

Sekretariat Fakultas Ilmu Terapan Telkom University Gd Selaru Lantai 3 Jl Telekomunikasi - Terusan Buah Batu Bandung - 40257 telp 022-5201159

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.